LAPORAN PENDAHULUAN
MANAJEMEN KEPERAWATAN
PLANING OF ACTION (POA)
Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat
dalam Menyelesaikan Stase
Manajemen
keperawatan program profesi ners
Stikes Bina Putera Banjar
Disusun oleh:
Arif Kurniawan
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BINA PUTERA BANJAR
PROGRAM PROFESI NERS ANGKATAN XII
2016
LANGKAH-LANGKAH PENYUSUNAN PLANING OF ACTION
ANALISA DATA
Setelah data
terkumpul, analisa data komunitas dapat dilakukan dalam beberapa tahap yaitu
katagorisasi, ringkasan, perbandingan dan kesimpulan.
a.
Analisa Data
No
|
Katagori Data
|
Ringkasan Laporan
|
Kesimpulan
|
1
|
§
|
§
|
1) Lingkungan
Fisik
2) Pelayanan
Kesehatan dan sosial
3) Ekonomi
4) Transportasi
dan keamanan
5) Politik
dan pemerintahan
6) Komunikasi
7) Pendidikan
8) Rekreasi
§ Pilih salah satu dari 8 sub sistem sesuaikan dengan
katagori data
|
2
|
· Katagori data diisi dengan Data
Objektif, Data Subjektif, Studi Dokumentasi, Survey, dll
· Ringkasan Laporan diisi dengan
membuat ringkasan data (analisa data seperti mengisi Phatofisiologi)
· Kesimpulan diisi dengan mengacu pada
klasisfikasi 8 sub sistem dalam komunitas (Lihat Buku Panduan lampiran 5)
1.
Lingkungan
Fisik
2.
Pelayanan
Kesehatan dan sosial
3.
Ekonomi
4.
Transportasi
dan keamanan
5.
Politik dan
pemerintahan
6.
Komunikasi
7.
Pendidikan
8.
Rekreasi
![](file:///C:/Users/SAMSUNG/AppData/Local/Temp/msohtmlclip1/01/clip_image002.gif)
b. Penapisan (Scoring Data)
Masalah Kesehatan
|
Kesadaran Masyarakat Akan Adanya Masalah
|
Motivasi Masyarakat Dalam Menyelesaikan
Masalah
|
Kemampuan Perawat Untuk
Mempengaruhi Masyarakat Dalam Penyelesaian Masalah
|
Ketersediaan Keahlian Yang
Relevan Diwilayah Binaan
|
Beratnya Konsekwensi Jika
Masalah Tidak Terselesaikan
|
Mempercepat Penyelesaian
Masalah Dengan Resolusi Yang Dapat Dicapai
|
Jumlah Nilai
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
Kriteria:
Tinggi (3)
Sedang (2)
Rendah (1)
|
||
1
|
|
||||||
2
|
|
||||||
Dst
|
|
Sumber: Stanhope & Lancaster (2016) dalam Made Riasmini (2017)
Catatan:
Masalah
kesehatan diisi dengan mengacu pada kesimpulan yang diisi ditabel analisa data
Selanjutnyan
Setelah tabel penapisan/scoring terselesaikan lanjutkan langkah berikutnya
yaitu membuat diagnosa keperawatan berdasarkan prioritas dengan mengacu pada
NANDA NIC NOC
Berikutnya
penyusunan Planing OF Action seperti Pada Tabel Berikut
![]() |
![]() |
PLANING OF ACTION DEPARTEMEN
KEPERAWATAN KOMUNITAS
DI WILAYAH BINAAN DUSUN
............. DESA ......... KEC ......... KAB .......................
TAHUN 2017
|
No
|
Masalah
|
Jenis Kegiatan
|
Tujuan
|
Indikator
|
Tempat
|
Sumber Biaya
|
Waktu
|
Penanggung Jawab
|
Ket.
|
1
|
Lingkungan Fisik
§ Sumber air
minum
§ SPAL
§ Pembuangan
& Pengelolaan Sampah
§ Sumber
Pencemaran
§ Perumahan
§ Kualitas
Makanan
§ Ketersediaan
ruang terbuka hijau
|
||||||||
2
|
Pelayanan Kesehatan dan social
§ Jenis
penyakit terbesar
§ Kepemilikan
Jaminan Kesehatan
§ Upaya
Pelayanan Kesehatan KIA, KB, Imunisasi, Gizi
§ Penyakit
Menular
|
||||||||
3
|
Ekonomi
§ Upaya
peningkatan sumber daya keluarga (Pelatihan Keterampilan dan produktifitas)
§ UKK
|
||||||||
4
|
Transportasi dan keamanan
§ Layanan perlindungan
|
||||||||
5
|
Politik dan pemerintahan
§ Kelompok
pelayanan masyarakat (Posyandu, PKK, Posbindu, Poskesdes, Panti Jompo, Panti
Sosial Anak, Karang Taruna)
|
||||||||
6
|
Komunikasi
§ Penyediaan
sumber informasi keluarga & Masyarakat
|
||||||||
7
|
Pendidikan
§ UKS
§ Kantin
Sehat
§ Perpustakaan
|
||||||||
8
|
Rekreasi
§ Ketersediaan
lahan rekreasi (Contoh lingkungan ramah anak)
|
Selanjutnya
jabarkan jenis kegiatan berdasarkan masalah yang ada.
Jenisnya
pertujuan untuk mengubah Pengetahuan (Cognitif) Sikap (Afektif) dan Perilaku
(Psikomotor)
Bisa penkes,
promkes, simulasi, seminar, refresing kader, percontohan dll
CONTOH POA
NO
|
STRATEGI
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
PROGRAM KERJA
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU
|
||||||
22
|
26
|
27
|
28
|
29
|
30
|
31
|
||||||
1
|
Meningkatkan profesionalisme
melalui penerapan model pelayanan keperawatan professional, meningkatkan
kualitas perawat dengan memanfaatkan kesempatan melanjutkan pendidikan formal
maupun pelatihan keterampilan
|
- MAKP sesuai dengan standar
- Meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien
|
Kepuasan pasien ≥ 90%
|
- Melaksanakan Role Play metode Tim
- Melaksanakan ronde keperawatan
- Mendiskusikan dengan kepala ruangan melati lantai 5 dan resosialisasi
tentang Hand Hygiene
- Mendiskusikan dengan kepala ruangan melati lantai 5 tentang pemakaian
identitas gelang pasien
|
Elfin Pratama Efendi, S.Kep
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
2
|
Melaksanakan
pelayanan asuhan keperawatan berdasarkan SPO dan SAK sesuai dengan
teknis keperawatan dan teknis manajemen secara maksimal dengan fasilitas dan
ketenagaan yang memadai.
|
- Pemberian asuhan keperawatan sesuai dengan SPO dan SAK
- Sarana dan prasarana sesuai dengan standar
|
Kelengkapan dokumentasi 100%
|
-
Mendiskusikan dengan kepala ruangan melati
lantai 5 tentang pemakian format pendokumntasian asuhan keperawatan yang
digunakan.
-
Melaporkan kepada kepala ruangan melati lantai
5 dan mendiskusikan tentang sarana dan prasarana yang tidak sesuai.
|
Tresna Andriyani, S. Kep
Cucu Saeful Hidayat, S. Kep
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar